TANGERANG – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskum) Kabupaten Tangerang memberikan pelatihan manajemen pemasaran bagi 50 pelaku usaha mikro dan koperasi di Hotel Istana Nelayan, Jumat (21/06/2024).
“Sebanyak 50 koperasi dan pelaku usaha mikro diberikan pelatihan pemasaran guna mempercepat pertumbuhan usaha/bisnis serta mempelajari konsep digital marketing dan komunikasi online,” kata Kepala Diskum, Anna Ratna Maemunah, saat memberikan sambutan pada acara tersebut.
Dia berharap pelatihan tersebut ikut mendorong pertumbuhan ekonomi, pemerataan dan peningkatan pendapatan rakyat. Pelatihan itu juga diharapkan dapat mewujudkan lapangan pekerjaan dan pengentasan kemiskinan di Kabupaten Tangerang.
Diskum memiliki tugas menjalankan visi dan misi Kabupaten Tangerang dalam hal pengembangan ekonomi daerah yang kompetitif dan berbasis kerakyatan. Selain itu, membangun inovasi daerah dalam rangka meningkatkan kualitas daya saing daerah, masyarakat dan pelaku pembangunan lainnya.
Anna menegaskan, usaha mikro merupakan sektor usaha yang memiliki peran penting terhadap kesejahteraan masyarakat serta perekonomian nasional. Usaha mikro merupakan penopang perekonomian suatu negara dalam menghadapi berbagai krisis.
“Salah satu langkah yang dapat ditempuh agar tujuan tersebut dapat tercapai adalah melalui strategi pemasaran. Dan memaksimalkan media digital (media sosial dan marketplace) sebagai media pemasaran dan promosi produk serta memberikan keterampilan kepada pelaku koperasi dan usaha mikro dalam meningkatkan penjualan produk,” katanya.
Dia juga berharap pelaku usaha di Kabupaten Tangerang dapat meningkatkan skil pada peserta dalam mengkomunikasikan merek dan produk melalui media digital dan menarik calon pelanggan baru dan berekspansi ke pasar yang lebih luas.
Sebagai informasi narasumber pada kegiatan pelatihan pemasaran adalah Dr. Hamdani, S.E., M.M., M.Pd., M.Ak. (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Tangerang) dengan materi Pemasaran Bisnis, Membangun Brand dan Strategi Harga Jual. Selain itu, Retriantina Marhendra (Coorporate Communication Manager – PT. Midi Utama Indonesia Tbk.) membawakan materi Strategi Marketing Melalui Standarisasi Produk.
(Diskominfo Kab.Tangerang/DR/nA)